Sabtu, 16 Februari 2013

Sebuah Nama

Semua orang kita kenal karena namanya, saat bertemu dengan orang siapa pun itu pasti kita selalu penasaran ingin tahu siapa nama orang itu,yah NAMA adalah sebuah langkah awal untuk lebih bisa mengenal orang-orang yang ada disekitar kita.

Sejak manusia yang lahir ke dunia ini pasti punya nama,nama yang indah yang diberikan oleh orang tua masing-masing,bahkan ada di antara kita yang sejak masih dalam kandungan sudah memiliki nama,kenapa saya katakan demikian? karena banyak sekali dari orang tua yang saat masih hamil sudah mencarikan nama untuk bayinya kelak kalau sudah lahir ke dunia,yang pastinya adalah sebuah nama yang sudah dipertimbangkan sebelumnya,yang indah.
                     Kelak nama itu akan mencerminkan siapa anak itu,dari keturunan mana dia,dan apa status sosialnya.
              Semua orang tua pasti yakin kalau nama yang diberikan kepada anaknya adalah sebuah nama yang indah/cantik,tapi apakah anak selalu berpikir bahwa nama yang telah diberikan oleh orang tua itu indah/cantik??? Pernah suatu hari sewaktu saya masih kecil saya bertanya sama mama saya, ”mah kenapa saya di kasih nama hawila “? Mama dengan spontan menjawab “ karena hanya nama itulah yang paling bagus menurut mama “ hmmm......
Ngomong-ngomong sebaiknya saya perkenalkan diri dulu kali yah,hehe !!! Nama lengkap saya adalah Hawila Tandi Kapang,dan itulah nama yang sudah diberikan oleh orang tua sejak saya lahir. Jujur saja saya tidak begitu menyukai nama belakang saya,menurut saya nama itu terlalu kampungan/jelek (dulu),saya hanya menyukai nama depan saya ‘ hawila ‘ kadang saya protes sama orang tua kenapa nama belakang saya ‘Tandi Kapang’, kenapa bukan palili’ seperti nama belakang bapak. Dengan tenang bapak atau mama menjawab itu adalah nama nenek kamu sendiri nak.
           Mungkin saya sudah berdosa karena sikap saya yang seperti itu tapi bukan berarti juga saya akan mengganti nama belakang saya dengan nama yang lebih popular kata orang jaman sekarang. Belajar memahami bahwa tidak ada orang tua yang sengaja menamai anaknya dengan nama yang jelek,dibalik sebuah nama terkandung sebuah makna/arti,yang akan selalu saya ingat dan juga orang lain yang telah dan yang akan mengenal saya ke depan.

Selamat membaca,
salam saya : Hawila Tandi Kapang

at makassar

2 komentar: